Mengenal Sandwich Panel dan Kelebihannya | Hanada Mitra Sarana 021 8498-4716

Mengenal Sandwich Panel dan Kelebihannya | Hanada Mitra Sarana 021 8498-4716

Mengenal Sandwich Panel dan Kelebihannya | Hanada Mitra Sarana 021 8498-4716

  • 16 Februari 2022
  • Admin
  • Artikel
  • 1597

Mengenal Sandwich Panel dan Kelebihannya 

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dalam inovasi bahan bangunan modern telah mampu menghasilkan ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan konstruksi agar lebih efisien dan ekonomis. Salah satunya semakin banyaknya alternatif  yang bisa digunakan oleh kontraktor untuk melakukan pekerjaan dinding dan atap. sebagai pengganti dinding batako maupun atap plafon.

Pada dekade belakangan ini sandwich panel lebih banyak digunakan dalam pembuatan rumah prefabrikasi. Pengaplikasian bahan material yang satu ini semakin luas karena banyak gedung semi permanen dan perkantoran yang menggunakannya. Sandwich panel sendiri adalah material panel berstruktur yang terdiri dari tiga lapisan sebagai pengganti dinding partisi.

Apa itu Sandwich Panel?

Sandwich panel merupakan panel yang terdiri atas tiga layer (lapisan), dengan layer bagian tengahnya merupakan sebuah lapisan material tebal dengan tingkat kepadatan tinggi namun memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dua layer pengapitnya. Seperti layaknya junkfood sandwich, dua lapisan tipis yang terdapat pada struktur sandwich ini disebut dengan lapisan kulit/penutup, dan satu lapisan tengah disebut dengan lapisan inti (core).

Kulit panel penutup dari sandwich panel terbuat dari plat zincalume atau galvanis yang direkatkan pada kedua sisi lapisan insulasi. Oleh karenanya tak jarang disebut juga insulated sandwich panel. Terdapat beberapa jenis insulasi pada sandwich panel yaitu:

1. Expanded Polystyrene (EPS), dengan kelebihannya yaitu ringan dan tahan
    terhadap panas.Ukuran ketebalan yang tersedia yaitu 50,75,100 mm.
2. Polysycoyanurate (PIR), dengan kelebihannya yaitu memiliki ketahanan api,
    memiliki penahan suhu yang tinggi dan memiliki ketahanan mechanical dan sifat
    yang stabil.Ukuran ketebalan yang tersedia yaitu 50,75,100 mm.
3. Rockwool digunakan untuk isolasi ruangan atau bangunan dari suara bising.
    Penggunaan rockwool tidak hanya digunakan untuk mengisolasi suara, namun juga
    dapat digunakan untuk mengisolasi panas dan kelembapan pada ruangan/
    bangunan.Ukuran ketebalan yang tersedia yaitu 50,75,100 mm

Kelebihan Sandwich Panel

1. Kuat Dan Tahan Lama

Meskipun terbilang material bahan yang cukup ringan, sandwich panel juga mampu bertahan lebih lama serta lebih kuat. Tidak tergantung terhadap cuaca, sehingga mampu bertahan di dalam keadaan sedemikian rupa. Selain itu material sandwich panel juga tahan terhadap serangan jamur dan binatang. Itulah kenapa bisa kuat dan tahan lama.

2. Anti Karat

Bahan material dari sandwich panel ini memang didesain untuk anti terhadap karat, sehingga aman dan mudah. Bahkan selama bertahun-tahun masih kuat terhadap serangan karat. Proses penyimpanan sandwich panel sebelum pengiriman sebenarnya harus terkhususkan. Jika Anda membeli sandwich panel dari PT Hanada Mitra Sarana tentunya akan memperoleh barang berkualitas. Pasalnya proses penyimpanan berada pada ruang steril sehingga tidak mengganggu tekanan udaranya.

3. Bisa Diaplikasikan Ke Banyak Hal

Tidak hanya berguna sebagai material bahan bangunan berupa rumah, tetapi juga untuk hal lain. Seperti untuk bangunan besar seperti rumah sakit, laboratorium, ruang pendingin, dan sebagainya. Bisa juga untuk ruangan kecil simpel dan minimalis. Misalnya kontainer untuk bisnis food and baverage, atau untuk pembuatan bangunan semi permanen. Semua bisa dengan mudah memakai material sandwich panel. Karena lebih murah dan penggunaannya bisa lebih cepat.

4. Tahan Terhadap Api, Gempa, dan Menyesuaikan Suhu

Penggunaan sandwich panel ini cocok untuk banyak hal namun juga terpilih sebagai bahan konstruksi karena memang kelebihannya. Seperti ketahanan terhadap api, gempa, dan penyesuaian suhu setempat. Materialnya tidak mudah menyulut api, sehingga bisa meminimalisir risiko saat terjadi kebakaran. Selain itu kuat dan kokoh, sehingga tidak perlu khawatir dengan gempa. Jika masih di tahap gempa dengan skala normal pasti masih aman.

5. Meredukasi Suara Bising

Keunikan lainnya ialah sandwich panel ini bisa meredukasi alias meminimalisir suara bising dari luar ruangan. Sehingga cocok untuk ruangan seperti sekolah atau tempat tempat yang memang memerlukan ketenangan.

Demikian beberapa informasi terkait Apa itu Sandwich Panel dan Kelebihannya dari http://www.hanada.co.id/. PT Hanada Mitra Sarana merupakan salah satu agen yang melayani sandwich panel terpercaya di wilayah Jabodetabek dan seluruh indonesia.

PT. Hanada Mitra Sarana | Supplier kontraktor pemasangan aplikator pintu, plafon sandwich panel, atap peredam, bangunan cold storage, coldroom ruang pendingin, laboratorium, modular, partisi antibacterial, ruangan steril, ruang operasi.

Product Applications | Roof Insulation, Clean Room, Cold Storage, Operating Theatre, Laboratory and Modular Building