Mengenal Cold Storage - PT. Hanada Mitra Sarana| 021 8498-4716

Mengenal Cold Storage - PT. Hanada Mitra Sarana| 021 8498-4716

Mengenal Cold Storage - PT. Hanada Mitra Sarana| 021 8498-4716

  • 23 Februari 2022
  • Admin
  • Artikel
  • 1642

0812-1239-4353| Mengenal Cold Storage| PT. Hanada Mitra Sarana Supplier Sandwich Panel, Aluminium Extrusion, Pintu, Jendela, Passbox. Scrubsink, Operating Timer & Xray Viewer

Berbagai industri di Indonesia banyak yang sudah menggunakan cold storage seperti industri farmasi, pengolahan makan, pertanian, perikanan maupun banyak industri lainnya. Cold storage digunakan sebagai gudang penyimpanan produk agar dapat bertahan lebih lama.
Untuk lebih jelas mengenal Cold Storage, yuk simak penjelasan berikut :
Apa itu Cold Storage

Cold Storage merupakan ruangan atau gudang yang dirancang khusus menggunakan suhu rendah untuk menyimpan berbagai macam produk seperti produk yang mudah rusak (perishable) untuk mempertahankan kesegarannya ataupun agar lebih awet.

Cold Storage sangat cocok digunakan untuk penyimpanan produk – produk seperti, Ikan Segar, Daging, Sayuran, Buah, dan Produk lain yang membutuhkan proses pendinginan/pembekuan.

Jenis-Jenis Cold Storage

  • Blast Freezer
  • Freezer Room
  • Chiller Room
  • Blast Chiller

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemilihan Cold Storage

Setelah mengetahui apakah itu bangunan cold storage, maka pastikan mengerti pula apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tempat penyimpanan satu ini. Berikut inilah diantaranya, yaitu:

  1. Desain yang Optimal

Hal perlu diperhatikan yang pertama adalah pastikan bahwa desainnya optimal dan sesuai dengan lokasi lahan untuk penyimpanan. Desain yang tepat ini juga berfungsi agar operasional perusahaan jadi lebih efisien dan efektif menghemat waktu pemasangan.

Tidak hanya itu, desain yang optimal ini harus sesuai pula dengan fasilitas penyimpanan. Maka tak heran apabila pembuatan desainnya seringkali dilakukan oleh ahli atau tim profesional yang ada di bidangnya.

  1. Kemudahan Akses

Perhatikan pula apakan bangunan cold storage mudah diakses oleh semua operator atau tidak. Misalnya saja seperti dari segi lokasi penempatan penyimpanan, pastikan bahwa letaknya mudah dijangkau oleh orang-orang yang memang berkepentingan. Mulai dari operator ataupun staff. Kemudahan akses ini juga akan membuat pekerjaan jadi lebih efektif.

  1. Menyesuaikan Rencana Kebutuhan

Hal yang perlu dipertimbangkan berikutnya saat memilih cold storage adalah mengenai rencana kebutuhan di masa depan. Tentunya setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda dan pasti berubah seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga poin satu ini cukup perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan permasalahan nantinya.

Pastikan mempertimbangkan apakah akan ada perubahan dalam penyimpanan suatu produk atau munculnya produk baru yang akan mempengaruhi storage. Apabila telah memilih yang tepat, maka nantinya bisa lebih mudah dalam menyesuaikan cold storage tanpa perlu melakukan rekonstruksi tempat.

  1. Perawatan Rutin

Perawatan secara rutin juga perlu diperhatikan dengan baik, pasalnya setiap barang akan mengalami penurunan fungsi. Sehingga pemeriksaan dan pengecekan secara rutin meliputi dari segi bangunan, ventilasi, atap, dinding hingga fondasinya perlu dilakukan. Bahkan dari segi unit pendingin juga perlu dipastikan tidak mengalami kebocoran atau kerusakan yang akan mengganggu kondisi tempat penyimpanan.

Diatas sekilas penjelasan tentang Cold Storage. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, kami menawarkan produk tersebut dengan jaminan garansi. informasi lebih detail hubungi kami klik http://hanada.co.id/kontak

Product Aplikasi | Clean Room, Cold Storage, Container Laboratory, (MOT) Modular Operating Theatre, Modular Bulding & Roofing Sandwich Panel